Makanan yang Bagus Dikonsumsi Penderita Asma Agar Cepat Sembuh

Manusia yang menyandang status sehat saja harus menjaga pola makannya, apalagi untuk yang sedang sakit asma, misalnya? tentu lebih ketat lagi.

Selain obat, biasanya dokter juga akan menekankan pasiennya untuk menerapkan hidup sehat, salah satuya adalah pola makan. Mengkonsumsi makanan yang bagus untuk penderita asma bisa dilakukan sebagai upaya mempercepat proses penyembuhan asma yang dialami.

Apa itu asma?

Asma adalah jenis penyakit kronis saluran pernapasan yang membuat penderitanya kesulitan bernapas. Bagi seseorang yang sedang mengidap asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibanding normalnya. Asma mengganggu saluran napas yang menyebabkan otot saluran napas berkontraksi dan menyempit, juga meradang atau memproduksi lendir sehingga mengakibatkan kurangnya udara yang mengalir ke paru-paru.

Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejela lain seperti sering batuk di malam hari, mengi (batuk setelah latihan), nyeri dada, mudah lelah, adanya penurunan fungsi paru-paru yang diukur dengan  peakflowmeter, sulit tidur, dll.

Umumnya asma bisa dibedakan menjadi 5 jenis, yaitu, Execise-induced astmha, Asma nocturnal (malam hari), Ocuupational asthma, Cough-variant asthma, Asma alergi.

Apa penyebab asma?

Meskipun penyebab asma belum diketahui secara pasti, namun beberapa hal yang paling mempengaruhi di antaranya adalah:

  • Faktor keturunan.
  • Infeksi saluran pernapasan tertentu selama masa kanak-kanak (ISPA).
  • Infeksi virus atau bahkan terpapar zat kimia.
  • Terpapar debu atau asap rokok.

Pengobatan Penyakit Asma

Seperti yang telah dijelaskan di atas salah satu penunjang kesembuhan sebuah penyakit adalah menerapakan pola hidup sehat, dan menjaga pola makan adalah salah satunya. Berikut ada beberapa makanan yang bagus dikonsumsi penderita asma agar cepat sembuh.

  1. Pisang

Buah pisang yang sering ada di meja dapur Anda bagus dikonsumsi rutin untuk menurunkan gejela asma. Meskipun tidak atau belum terkena asma, konsumsi buah pisang juga bisa membuat sistem pernapasan menjadi lebih kuat.

Hal ini pun didukung oleh sebuah penelitian di Inggris, anak-anak yang rutin mengkonsumsi satu buah pisang setiap harinya, memiliki kesempatan 34% terhindar dari asma dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Tentu tidak mengherankan hasil peneleitian ini, pasalnya pisang dikenal sebagai salah satau sumber terbaik dari pyridoxine atau yang dikenal juga dengan sebutan vitamin B6.  Pyridoxine akan berperan penting dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan juga siklik adenosin monofasfat (cAMP).molekul-molekul yang telah terbukti membantu jaringan-jaringan otot polos bronkus menjadi lebih rileks.

  1. Apel

Sering dijumpai dalam kulkas dapur Anda, buah apel juga salah satu makanan sehat untuk penderita asma. Sebuah studi di Inggris menyebutkan orang mengkonsumsi 2 sampai 5 buah apel dalam seminggu memiliki risiko 32% lebih rendah terserang asma dibanding orang yang jarang mengkonsumsi apel.  Studi lainnya menunjukan bahwa wanita hamil yang  sering mengkonsumsi apel dapat menghindarkan anak mereka dari asma. Selain itu, anak-anak yang meminum jus apel setiap hari juga dapat terhindar dari mengi sebesar 50%. Kandungan flavonoid dalam buah apel dapat membantu melegakan saluran pernapasan dan mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan.

  1. Jahe

Ini adalah salah satu alasan bagi Anda untuk sering mengkonsumsi ramuan olahan jahe. Salah satu rempah tertua di dunia ini mengandung zat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah dan meringankan gejela asma serta meredakan peradangan.

  1. Sayuran sehat

Beberapa jenis sayuran bisa Anda sisipkan dalam menu harian Anda untuk membantu mengatasi asma. Sayuran sehat yang bisa Anda kosnusmsi misalanya wortel, bayam, kubis, brokoli, ubi jalar dan masih banyak lagi. Jenis-jenis sayuran tersebut memiliki zat antioksidan yang dibutuhkan penderita asma untuk menangkal radikal bebsa serta meringakan peradangan yang ada.

  1. Kiwi

Sebenarnya buah kiwi ini bisa mengobati berbagai macam penyakit, tapi disini kita hanya akan membahas manfaat buah kiwi untuk mengobati asma. Kandungan vitamin C tinggi dalam buah kiwi sangat baik untuk menutrisi tubuh. sebuah studi menunjukan, anak-anak yang rajin mengkonsumsi buah kiwi hingga 6-7 buah dalam satu minggu mengalami penurunan risiko mengidap mengi hingga hampir setengahnya dibanding anak-anak yang tidak mengkonsusmi buah kiwi.

  1. Yougurt

Yougurt juga masuk dalam daftar makanan yang bagus dikonsumsi penderita asma. Probiotik dan bakteri baik dalam yougurt akan berfungsi mengurangi peradangan yang terjdi dalam tubuh dan mengurangi reaksi alergi yang menjadi salah satu pemicu timbulnya asma.

  1. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini tak hanya luar biasa dalam menyedapkan masakan di rumah, tapi juga bisa mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Penelitian terbaru telah mengakui bawang putih bisa mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan kardiovaskular.untuk membantu mengobati asma, bawang putih memiliki kemampuan untuk menghambat aktifitas enzim tertentu yang menghasilkan zat inflamasi. Bawang putig atau garlik ini juga merupakan sumber vitamin C, kalium dan selenium.

  1. Kunyit

Dalam penamaan Jawa, kunyit seringkali dipanggil kunir. Kunyit biasa dijadikan bumbu dapur, bahan olahan jamu, pemberi warna kuning pada makanan. Manfaat kunyit untuk kesehatan yang banyak diketahui orang adalah untuk mengecilkan perut buncit. Selain itu, kalau mau digunakan untuk obat asma juga bisa. Penelitian terbaru kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Itulah beberapa makanan yang bagus dikonsumsi penderita asma agar cepat sembuh. Jika bosan, Anda bisa mengkombinasikannya dengan makanan sehat lainnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *